ALIH KODE TUTURAN GURU DI LUAR PROSES BELAJARMENGAJAR BAHASA INDONESIA DI SMA N 1 CANDUANG KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM

Astani, Astani and MARSIS, MARSIS and Dainur, Putri (2015) ALIH KODE TUTURAN GURU DI LUAR PROSES BELAJARMENGAJAR BAHASA INDONESIA DI SMA N 1 CANDUANG KECAMATAN CANDUANG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
skripsi astani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alih kode berdasarkan penyebab alih kode, fungsi terjadinya alih kode, dan tujuan menggunakan alih kode guru bahasa Indonesia di luar proses belajar mengajar di SMAN 1 Canduang Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan Chaer dan Agustina, Nursaid dan Maksan, dan Kushartanti, dkk mengenai alih kode. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan cara mengumpulkan, mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan data, dan menyimpulkan data. Objek penelitian ini adalah alih kode guru yang terjadi di luar proses belajarmengajar. Hasil penelitian, ditemukan 35 data alih kode. Alih kode tersebut terdiri dari alih kode mengkhususkan orang, menyampaikan seruan, mengulang pernyataan, dan menjalin keakraban. Namun, yang paling dominan adalah alih kode mengkhususkan orang dan menjalin keakraban, dan yang paling sedikit alih kode menyampaikan seruan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru bahasa Indonesia di SMAN 1 Canduang Kecamatan Canduang Kabupaten Agam, sering menggunakan alih kode di luar proses belajar-mengajar. Kata Kunci: Alih Kode, Guru Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 May 2024 07:56
Last Modified: 29 May 2024 07:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20518

Actions (login required)

View Item View Item