Retno, Kasmianti and Hasnul, Fikri and Syofiani, Syofiani (2015) Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kompetensi Sosial Guru Bahasa Indonesia SMP di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
RETNO KASMIANTI.PDF Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh sertifikasi terhadap kompetensi sosial guru bahasa Indonesia SMP di Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan. Teori yang dijadikan acuan adalah teori Mulyasa (2008) tentang standar kompetensi dan sertifikasi guru, Musfah (2011) tentang peningkatkan kompetensi guru melaluipPelatihan dan sumber belajar teori dan praktek. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengunakan metode ex post facto. Data oleh responden yang diisi sesama guru, siswa-siswi, dan masyarakat diperoleh dari pengisian kuesioner. Guru yang sertifikasi 15 orang dan guru yang belum sertifikasi 2 orang, uji yang digunakan adalah uji prasyarat dan uji hipotesis uji normalitas dilakukan kepada guru sertifikasi dan guru yang belum sertifikasi, dari uji normalitas dan uji homogenitas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa guru yang sertifikasi dan guru yang belum sertifikasi dilakukan uji hipotesis thitung < ttabel sehingga Ho ditolak dapat disimpulkan bahwa hasil kompetensi sosial guru yang sertifikasi kuat kompetensi sosialnya dibandingkan dengan guru yang belum sertifikasi guru bahasa Indonesia SMP di Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan pada tahun 2015 sehingga dapat dilakukan secara siknifikan terhadap kompetensi sosial. Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru Sertifikasi dan yang belum sertifikasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 29 May 2024 08:03 |
Last Modified: | 29 May 2024 08:03 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20521 |
Actions (login required)
View Item |