NILAI SOSIAL KEROHANIAN PANTUN MINANGKABAU DALAM BUKU “1000 PEPATAH-PETITIH, MAMANG-BIDAL, DAN PANTUN-GURINDAM” KARYA IDRUS HAKIMY DT. RAJO PENGHULU

Mefri, Diamanda and MARSIS, MARSIS and Gusnetti, Gusnetti (2015) NILAI SOSIAL KEROHANIAN PANTUN MINANGKABAU DALAM BUKU “1000 PEPATAH-PETITIH, MAMANG-BIDAL, DAN PANTUN-GURINDAM” KARYA IDRUS HAKIMY DT. RAJO PENGHULU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI_MEFRI_DIAMANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)

Abstract

Penelitian terhadap nilai sosial kerohanian dalam pantun Minangkabau penting karena merupakan suatu usaha untuk mengembangkan nilai sosial sebagai upaya penguatan nilai sosial kerohanian guna mengatasi krisis moral yang terjadi saat ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori tentang nilai sosial kerohanian yang dikemukakan oleh Alfan (2013) yang meliputi 4 aspek nilai kerohanian yaitu nilai kebenaran, nilai kebaikan, nilai keindahan, dan nilai religius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai sosial kerohanian dalam pantun Minangkabau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah pantun tua dan pantun muda Minangkabau yang terdapat dalam buku “1000 Pepatah-Petitih, Mamang-Bidal, dan Pantun-Gurindam” yang disusun oleh Idrus Hakimy Dt. Rajo Penghulu yang berjumlah 60 data pantun. Teknik pngumpulan data adalah (1) mencatat pantun yang terdapat dalam buku “1000 Pepatah-Petitih, Mamang-Bidal, PantunGurindam” yang disusun oleh Idrus Hakimy Dt Rajo Penghulu, (2) mencatat data sesuai dengan tujuan penelitian, dan (3) mengelompokkan data yang telah didapat. Hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa 4 aspek nilai -nilai kebaikan, nilai kebenaran, nilai keindahan, dan religius tersebut tersebar dalam 60 jumlah data pantun yang teridentifikasi. Nilai sosial kerohanian yang paling banyak ditemukan pada pantun Minangkabau adalah nilai sosial kerohanian kebenaran yakni sebanyak 29 data pantun, nilai sosial kerohanian kebaikan yakni sebanyak 18 data pantun, nilai sosial kerohanian keindahan yakni sebanyak 5 data pantun, dan nilai kerohanian religius sebanyak 8 data pantun. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pada pantun Minangkabau terkandung nilai sosial kerohanian. Kata Kunci : Nilai Sosial, Kerohanian, Pantun Minangkabau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:26
Last Modified: 04 Jun 2024 04:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20567

Actions (login required)

View Item View Item