PERANAN RELAWAN DEMOKRASI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF TAHUN 2014 DI KOTA PADANG

NASRUL, HAMDANI and Yusrizal, Yusrizal and Hendrizal, Hendrizal (2016) PERANAN RELAWAN DEMOKRASI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF TAHUN 2014 DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
14. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbentuknya Program Relawan Demokrat oleh KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu legislatif tahun 2014 di kota Padang. Demokrasi Relawan merupakan gerakan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan kualitas pemilih dalam memilih. Relawan Demokrasi terdiri dari 5 kelompok pemilih yaitu kelompok pemilih strategis, kelompok agama, kelompok perempuan, kelompok disabilitas, kelompok pinggiran. Demokrasi Relawan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah keberadaan relawan demokrasi di kalangan masyarakat yang meliputi pengetahuan tentang peran relawan demokrasi, Dampak Relawan demokrasi, serta kendala-kendala yang dihadapi relawan demokrasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu. pemilu legislatif tahun 2014 di kota Padang. Jenis penelitian adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, adanya Relawan Demokrasi membantu KPU dalam rangka menumbuhkan kembali kesadaran positif akan pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa guna menurunkan tingkat golput. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan, peran relawan demokrasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu legislatif tahun 2014 di Kota Padang adalah dengan menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna menurunkan angka kemiskinan. tingkat abstain. Kata Kunci: Peran, Demokrasi Sukarela, Partisipasi Pemilih, Pileg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:45
Last Modified: 07 Jun 2024 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20606

Actions (login required)

View Item View Item