PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII.4 PADA PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD DI SMP NEGERI 32 PADANG

Risa Amelia, Risa Amelia and Yusrizal, Yusrizal and NURHARMI, NURHARMI (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII.4 PADA PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD DI SMP NEGERI 32 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
17. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas bertanya, menjawab pertanyan dan aktivitas diskusi siswa kelas VII.4 pada pembelajaran PKn dengan model kooperatif STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, tes siklus, catatan lapangan dan dokumentasi. Penerapan model kooperatif STAD pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII.4 SMP 32 Padang dapat meningkatan aktivitas bertanya pada siklus I adalah 61,42% meningkat menjadi 78,57%, dengan demikian terjadi peningkatan 17,15% . Aktivitas menjawab pertanyaan pada siklus I sebesar 61,42%, meningkat menjadi 81,42%, dengan demikian terjadi peningkatan 20%. Aktivitas berdiskusi pada siklus I sebesar 62,85% meningkat menjadi 79,99%, dengan demikian terjadi peningkatan 17,14%. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model kooperatif STAD, model ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan kelas VII.4 SMP 32 Padang. Katakunci: Aktivitas, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.. Kooperatif STAD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:31
Last Modified: 07 Jun 2024 07:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20609

Actions (login required)

View Item View Item