PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI.IPS.I PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL KOOPERTIF JIGSAW DI MAN I PADANG

Ari Pirdana, Adi Putra and NURHARMI, NURHARMI and MUSLIM, TAWAKAL (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI.IPS.I PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL KOOPERTIF JIGSAW DI MAN I PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
8. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa rendah dalam pandangan hasil ulangan harian semester kedua siswa masih banyak yang belum selesai, penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan perangkat tambahan untuk kognitif hasil belajar siswa kelas XI tingkat analisis. IPS.I belajar kewarganegaraan di MAN I Padang melalui model koperasi Jigsaw. 2) Jelaskan perangkat tambahan untuk kognitif hasil belajar siswa kelas XI tingkat analisis. IPS.I belajar kewarganegaraan di MAN I Padang melalui model koperasi Jigsaw. 3) Jelaskan peningakatan afektif hasil belajar kerjasama XI. IPS .Saya di MAN I Padang melalui model koperasi Jigsaw 4) Jelaskan peningakatan afektif hasil belajar XI.IPS tanggung jawab. Aku di MAN tipe I. penelitian adalah tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi afektif hasil belajar siswa, lembar tes prestasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hasil belajar pada siklus I siswa yang menyelesaikan 22 61,11 sedangkan siklus kedua selesai 30 orang dengan nilai 83,33. 2) model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar tanggung jawab afektif pada siklus I siswa meningkat 71,87%, sedangkan silkus II memperoleh 88,53. 3) Model pembelajaran siswa dapat meningkatkan hasil belajar kerjasama afektif siswa meningkat rata-rata dari 63,54 pada siklus I, sedangkan siklus kedua memperoleh 75,52. Kata kunci: Peningkatan, hasil belajar, Belajar, Model Jigsaw

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:33
Last Modified: 13 Jun 2024 04:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20632

Actions (login required)

View Item View Item