PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJARR SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMAN I HARAU

Elsi Rimenda, Elsi Rimenda and NURHARMI, NURHARMI and MUSLIM, TAWAKAL (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJARR SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMAN I HARAU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
15. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penellitian ini dilatarbelakangi karna masih banyak Siswa yang kurang mendengarkan saat guru menjelaskan materi yang disampaikan. Siswa juga sangat jarang untuk mengeluarkan pendapat, mereka hanya bisa menerima apa yang disampaikan guru tersebut, dan Siswa juga kurang mampu untuk menyimpulkan materi, karena Siswa tersebut hanya mendengarkan, tidak memperhatiakn, dan tidak menyimpan materi yang diberikan maka pembelajaran yang disampaikan guru tidak bisa diulangi lagi.Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap aktivitas memecahkan masalah, 2) untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajran Problem Based Learning terhadap aktivitas bertanya siswa, 3) untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap aktivitas membuat rangkuman. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Instrument yang di pakai adalah lembaran observasi, Tes, RPP. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran The Learning Cell. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan presentase untuk masing-masing indikator keberhasilan siswa yang ditetapkan. Pada aktivitas belajar siswa dalam memecahkan masalah dengan model pembelajaran problem based learning adalah 70%. Pada aktivitas belajar siswa dalam bertanya 43,33%. Pada aktivitas belajar siswa dalam membuat rangkuman 32,14%. Jadi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning terjadi peningkatan aktivitas belajar dalam aktivitas memecahkan masalah, aktivitas bertanya, dan aktivitas membuat rangkuman. Kata Kunci: Model Pembelajaran problem based learning, Aktivitas siswa, pendidikan kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:15
Last Modified: 13 Jun 2024 06:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20639

Actions (login required)

View Item View Item