PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI SMAN 7 KERINCI

Hendriono, Hendriono and NURHARMI, NURHARMI and MUSLIM, TAWAKAL (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI SMAN 7 KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
20. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak ditemukan siswa yang kurang aktif karena proses pembelajaran masih terpusat kepada guru. Kebanyakan siswa hanya mencatat apa materi yang disampaikan oleh guru, tanpa memahami materi yang diberikan oleh guru tersebut. Dalam proses pembelajaran masih ada siswa yang mengantuk dan banyak siswa minta izin keluar. Hal ini menyebabkan tidak adanya peningkatan hasil belajar siswa dan nilai rata-rata dari keseluruhan siswa hanya 59,2775 sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah diterapkan sekolah adalah 73, hal ini menunjukan nilai rata-rata siswa pada saat ini berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square atau biasa disingkat dengan TPSq, model pembelajaran kooperatif TPSq merupakan struktur kegiatan pembelajaran kooperatif yang pelaksanaannya memungkinkan siswa untuk berinteraksi dan berpartisipasi lebih banyak kepada orang lain, yang memerlukan keterampilan sosial, yaitu dengan cara berdiskusi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Kerinci yang bertujuan untuk:1.) Melihat peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran PKn pada saat digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe TPSq. 2.) Melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq terhadap hasil belajar PKn siswa kelas XI SMAN 7 Kerinci. 3.) Melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe TPSq. Jenis instrument yang digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah digunakannya model pembelajaran koperatif tipe TPSq pada kelas XI IPA2 SMAN 7 Kerinci yang nilai rata-ratanya hanya 60,5 yaitu menjadi 80,83. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPSq baik digunakan dalam proses pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:06
Last Modified: 13 Jun 2024 07:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20640

Actions (login required)

View Item View Item