HUBUNGAN PARTISIPASI KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA (BIOLOGI) SISWA KELAS VIII MTsN PARAK LAWAS PADANG

Dea Wahyu, Sartika and Lisa, Deswati and Gusmaweti, Gusmaweti (2016) HUBUNGAN PARTISIPASI KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA (BIOLOGI) SISWA KELAS VIII MTsN PARAK LAWAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
1. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan partisipasi keluarga dengan hasil belajar pada pembelajaran IPA (Biologi) siswa kelas VIII MTsN Parak Lawas Padang. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar IPA (Biologi) siswa adalah faktor eksternal yaitu partisipasi keluarga. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi 165 siswa kelas VIII MTsN Parak Lawas yang terdaftar pada semester 1 tahun 2015/2016, dengan sampel 41 siswa. Pengambilan sampel secara random sampling yaitu 25% dari masingmasing kelas.Variabel penelitian ini adalah partisipasi keluarga sebagai variabel X dan hasil belajar sebagai variabel Y. Jenis data ada dua jenis yaitu data primer (partisipasi keluarga) dengan cara menyebarkan angket terdiri dari 25 item pernyataan dan data sekunder berupa hasil belajar biologi dari siswa yang bersangkutan diperoleh dari guru IPA (Biologi) yaitu nilai UAS I. Data dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Dari hasil penelitian partisipasi keluarga diperoleh nilai rata-rata yang tertinggi hingga terendah adalah sub variabel kebiasaan budaya dalam keluarga yaitu 4,39 dengan kategori tinggi, suasana rumah yaitu 4,36 dengan kategori tinggi, cara orangtua mendidik yaitu 4,17 dengan kategori sedang, hubungan dengan anggota keluarga yaitu 3,74 dengan kategori sedang dan sub variabel perekonomian keluarga yaitu 3,74 dengan kategori sedang. Analisis perhitungan koefisien korelasi partisipasi keluarga menggunakan SPSS 16.0 diperoleh r = 0,943 signifikan 0,00 < 0,01. Dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kedua variabel partisipasi keluarga dengan hasil belajar tingkat signifikan pada taraf kepercayaan 0,01 atau 99% menunjukkan hubungan positif antara partisipasi keluarga dengan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hubungan – Partisipasi Keluarga – Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:48
Last Modified: 25 Jun 2024 04:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20663

Actions (login required)

View Item View Item