Windi, Ekasari and Gusmaweti, Gusmaweti and Lisa, Deswati (2016) HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA MATERI BIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI-IPA DI SMA N 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
4. SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (976kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan membaca materi biologi dengan hasil belajar biologi siswa XI-IPA SMAN 5 Padang. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan sampel 105 siswa SMAN 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 terdiri dari 5 kelas dengan populasi 144 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara Random sampling dengan menggunakan rumus Krecick Morgan. Untuk masing-masing kelas didapatkan 21 siswa perkelas. Data yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan angket terdiri dari 22 item. Untuk melihat hasil belajar penulis mengambil nilai ulangan harian 1 tahun ajaran 2015/2016 semester 2 yang diperoleh dari guru biologi. Diperoleh nilai rata- rata hasil belajar siswa 71,1. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif atau kuat antara kebiasaan membaca materi biologi dengan hasil belajar biologi siswa yang di analisis dengan rumus koefisien korelasi moment product diperoleh nilai r=0,881. Selanjutnya dilakukan perhitungan koefisien dterminan yang menunjukan bahwa hubungan kebiasaan membaca materi biologi dengan hasil belajar biologi sebesar 77,6.berdasarkan uji hipotesis, didapatkan nilai thitung>ttabel (6,33 > 2,367). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan membaca materi biologi dengan hasil belajar biologi siswa XIIPA SMAN 5 Padang pata taraf 99 (α= 0,01). Kata Kunci : Hubungan, Kebiasaan Memabaca, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 07:00 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 07:00 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20666 |
Actions (login required)
View Item |