PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) PENDEKATAN JAS (JELAJAH ALAM SEKITAR) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII MTsN PARAK LAWAS PADANG

DESNI. K, DESNI. K and Azrita, Azrita and Wince, Hendri (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) PENDEKATAN JAS (JELAJAH ALAM SEKITAR) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII MTsN PARAK LAWAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
12. skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menghasilkan Bahan Ajar yang valid dan praktis, serta mengetahui validitas dan praktikalitas Bahan Ajar berupa Bahan Ajar dengan LKS pendekatan JAS pada materi sistem peredaran darah kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada four D models yang telah dimodifikasi, yaitu define, design, dan develop. Tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, analisis siswa, dan analisis tugas. Tahap design yaitu perancangan Bahan ajar dengan LKS pendekatan JAS. Tahap develop adalah uji validitas oleh validator (1 orang dosen biologi dan 2 orang guru biologi MTsN) dan uji praktikalitas serta respons terhadap Bahan ajar dengan LKS pendekatan JAS oleh guru biologi dan 40 orang siswa kelas VIII.1 MTsN Parak Lawas. Data penelitian berupa data primer yang dianalisis dengan analisis deskriptif berupa persentase. Dari penelitian dihasilkan produk berupa Bahan ajar dengan LKS pendekatan JAS pada materi sistem peredaran darah untuk MTsN kelas VIII. LKS yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai 86,35%. LKS yang dihasilkan juga dikategorikan praktis dengan nilai 87,72% dari guru dan 82,52% dari siswa. Respons guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan temasuk kedalam kategori baik dengan nilai 91,07% dari guru dan 85,13% dari siswa. Hal ini menunjukkan bahwa Bahan ajar dengan LKS pendekatan JAS pada materi sistem peredaran darah yang dikembangkan sudah v

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:16
Last Modified: 25 Jun 2024 08:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20681

Actions (login required)

View Item View Item