HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR DI SMPN 12 PADANG

GUSNI, HAYATI and Wince, Hendri and Azrita, Azrita (2016) HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR DI SMPN 12 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
14. Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Penelitan ini bersifat deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang, diambil 25% dari jumlah populasi sebanyak 132 orang. Penentuan sampel dilakukan secara Random dari tiap kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang terdiri dari 31 item pertanyaan. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 16 dengan analisis Regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara kebiasaan membacadengan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan nilai (r=0.956). Pada sub variabel kebiasaan membaca terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar dengan metode membaca (r= 0,846), waktu/ jadwal membaca (r=0,815),membuat tanda-tanda atau catatan ketika membaca (r=0,739), konsentrasi dalam membaca (r=0,849), kesehatan lingkungan membaca (r=0,790), suasana membaca (r=0,474), dan tempat membaca (r=0,547). Pada sub variabel teknik membaca tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan hasil belajar (r= 0,313) . Pada rata-rata skor secara keseluruhan dengan nilai (r= 4,38) dan persamaan regresi linear sederhanaY = 16,784+ 0,460, maka hipotesis H1 diterima. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwaterdapat hubungan yang sangat kuat antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar. Kata kunci: Hubungan kebiasaan membaca, HasilBelajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:11
Last Modified: 25 Jun 2024 08:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20684

Actions (login required)

View Item View Item