PENGARUH WAKTBELAJAR SISWATERHADAP HASILBELAJAR BIOLOGIDENGANMENGUNAKAN MODEL PROBLEMBASEDLEARNING( PBL )DI KELAS VII SMP NEGERI 4 GUNUNG TALANG

Pindan, Mega Sarina and Wince, Hendri and Lisa, Deswati (2016) PENGARUH WAKTBELAJAR SISWATERHADAP HASILBELAJAR BIOLOGIDENGANMENGUNAKAN MODEL PROBLEMBASEDLEARNING( PBL )DI KELAS VII SMP NEGERI 4 GUNUNG TALANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
23. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar biologisiswapadawaktu pembelajaran di pagi hari pada pukul 07.20 - 9.45 wib dan waktu di siang hari pada pukul 10.15 - 12.35, di kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Talang Tahun pelajaran 2014/2015, dan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dapatdi lihat pada aspek afektif, kognitif, psikomotor,jugauntuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa di pagi hari dan di siang hari.Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian dengan menggunakan model pembelajaranProblem Based Learning, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 148.Pengambilan sampel yang digunakan dengan teknik purposive sampling, kemudian dilakukan random dan terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen I dan VII.2 sebagai kelas eksperimen II.Dari hasil penelitian di dapat nilai rata-rata kognitif kelas eksperimen I adalah 72,8dengan ketentuan ( 64,% )dan pada kelas eksperimen II 66,8 dengan ketentuan ( 54% )hasil ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh hasil belajar yang signifika(thitung1,46<2,02ttabel ) demikian juga pada penilaian afektif kelas eksperimen I yaitu83,04 dan pada kelas eksperimen II 78,22 dan pada hasil penilaian psikomotor kelas eksperimen I dengan nilai 78,22dankelas eksperimen II70.18. dari hasil tersebutdapat disimpulkan, bahwa penerapkan modelProblem Based Learningsebaiknya di terapkan pada waktu pagi hari. Dengan demikian hasil belajar siswa pada kelas ekperimen I lebih baik daripada kelas eksperimen IIdenganmenerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Kata kunci :waktu belajar, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:30
Last Modified: 26 Jun 2024 03:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20695

Actions (login required)

View Item View Item