PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PADANG

Rini Melia Sari, Rini Melia Sari and Lisa, Deswati and Gusmaweti, Gusmaweti (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
8. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen I pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen II pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 12 Padang Tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 254. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, kemudian dilakukan random dan terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen I dan VIII.3 sebagai kelas eksperimen II. Setelah dilakukan analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I adalah 75,15 dan pada kelas eksperimen II 76,48, dengan taraf uji statistik (α = 0,05) menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan. Demikian juga pada penilaian afektif kelas eksperimen I 81,29 dan pada kelas eksperimen II 85,40 dan penilaian psikomotor kelas eksperimen I 71,67 dan pada kelas eksperimen II 70,64 . Dapat disimpulkan, bahwa kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Kata kunci : Model pembelajaran, Problem Based Learning, Think Pair Share, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:20
Last Modified: 02 Jul 2024 02:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20707

Actions (login required)

View Item View Item