PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK BUKU SAKU DILENGKAPI PETA KONSEP PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 3 GUNUNG TULEH

Gusmiati, Gusmiati and Gusmaweti, Gusmaweti and Erman, Har (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK BUKU SAKU DILENGKAPI PETA KONSEP PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 3 GUNUNG TULEH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
7. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk buku saku dilengkapi peta konsep yang valid dan praktis pada Materi Ekosistem untuk siswa kelas VII SMPN 3 Gunung Tuleh. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D Model , yaitu tahap define (pendefinisian), desain (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini 3 orang validator untuk uji validitas, dan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dan 32 orang siswa Kelas VII SMPN 3 Gunung Tuleh. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari angket validitas dan paraktikalitas kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari penelitian ini dihasilkan produk berupa buku saku dilengkapi peta konsep. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan buku saku dengan uji validitas dari dosen dan guru sebesar 93,05% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas buku saku dari guru sebesar 93,85% dengan kriteria sangat praktis sedangkan praktikalitas buku saku dari siswa 93,57% dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbentuk buku saku dilengkapi peta konsep pada materi ekosistem untuk siswa kelas VII SMPN 3 Gunung Tuleh yang dikembangkan dalam penelitian ini valid dan praktis. Kata Kunci : Media Pembelajaran, buku saku , peta konsep , valid, dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:22
Last Modified: 02 Jul 2024 02:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20708

Actions (login required)

View Item View Item