Pengembangan Modul bernuansa Islami (Al-Qur’an dan Al-Hadits) pada materi sistem reproduksi manusia untuk SMA Kelas XI MIA

Jepri, Taroza and Azrita, Azrita and Nawir, Muhar (2015) Pengembangan Modul bernuansa Islami (Al-Qur’an dan Al-Hadits) pada materi sistem reproduksi manusia untuk SMA Kelas XI MIA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
11. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul bernuansa islami yang dikembangkan serta mengkaitkan materi Sistem Reproduksi Manusia ke dalam nilai-nilai islami. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research) dengan model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan modul pembelajaran biologi bernuansa islami menggunakan 3-D (three D Models) dari 4-D (four D Models) melalui tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Adapun subjek pada penelitian ini adalah 1 orang dosen Program Studi Pendidikan Biologi serta 1 orang dosen Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta dan 2 orang Guru Biologi SMA Negeri 2 Pulau Punjung serta siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pulau Punjung yang berjumlah 24 orang. Hasil validitas modul bernuansa islami secara keseluruhan oleh dosen dan guru menunjukkan persentase nilai rata-rata yaitu 90,4 % dengan kriteria sangat valid. Sedangkan praktikalitas modul bernuansa islami oleh guru didapatkan persentase nilai rata-rata yaitu 90,5 % dan oleh siswa didapatkan persentase nilai rata-rata 95,7% yang keduanya berada pada kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian adalah telah dihasilkan modul pembelajaran biologi bernuansa islami pada materi sistem reproduksi manusia untuk SMA kelas XI MIA yang sangat valid dan sangat praktis. Kata kunci : Modul, islami, sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:31
Last Modified: 02 Jul 2024 02:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20710

Actions (login required)

View Item View Item