PENGEMBANGAN HANDOUTDENGAN TAMPILAN BROSUR DILENGKAPI GLOSARIUM PADA MATERI KINGDOM PLANTAE DI KELAS X SMAN 2 KERINCI KANAN KABUPATEN SIAK

ARDILAH, ARDILAH and Gusmaweti, Gusmaweti and Azrita, Azrita (2015) PENGEMBANGAN HANDOUTDENGAN TAMPILAN BROSUR DILENGKAPI GLOSARIUM PADA MATERI KINGDOM PLANTAE DI KELAS X SMAN 2 KERINCI KANAN KABUPATEN SIAK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
22. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanhandout dengan tampilan brosurdilengkapiglosariumpadamateriKingdom Plantaeuntuksiswakelas X SMAN 2 Kerinci Kanan yang valid danpraktis.Jenispenelitianiniadalahpenelitianpengembangan (Development research).Model penelitianpengembangan yang digunakandalampenelitianiniyaitu model pengembanganperangkatpembelajaran 4-D seperti yang disarankanolehThiagarajan, Semmel, danSemmel (1974).Namun, dalampenelitianinipenelitihanyamenggunakan 3 tahapdari model 4-D yaitutahapdefine (pendefinisian), design (perancangan), dandevelop (pengembangan). Adapunsubjekdalampenelitianiniadalahterdiridari3 orang validator, yaitu 2 orang dosendan1 orang guru, dan untuk uji praktikalitas terdiri dari30 orang siswakelas X di SMAN 2 Kerinci Kanan. Data dalampenelitianiniadalah data primeryang diperolehdariangketujivaliditasdanangketujipraktikalitasdiolah dandianalisis secara deskriptif.Berdasarkanpenelitian yang telahdilakukandihasilkanprodukberupahandout.Handout yang dihasilkanberdasarkanujivaliditassecarakeseluruhanadalah89,73%dengankriteri asangat valid. Sedangkanberdasarkanhasilujipraktikalitas yang dilakukanolehguru secarakeseluruhanadalah88,95%dengankriteriasangat praktisdanhasilujipraktikalitasolehsiswasecarakeseluruhanadalah 89,14% dengankriteriasangat praktis. Oleh karena itu, dapatdisimpulkanbahwahandout dengan tampilan brosurdilengkapiglosariumpadamateriKingdom Plantaeuntuksiswakelas X SMAN 2 Kerinci Kananyang dikembangkandalampenelitianinisangat valid dansangat praktis. Kata kunci:Handout, brosur,glosarium, valid, danpraktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:18
Last Modified: 02 Jul 2024 03:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20721

Actions (login required)

View Item View Item