PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN TAMPILAN MAJALAH BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 SAROLANGUN

Ahmad, Torikuzzami and Azrita, Azrita and Gusmaweti, Gusmaweti (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN TAMPILAN MAJALAH BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 SAROLANGUN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
24. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS dengan tampilan majalah bernuansa pendidikan karakter tentang materi sistem reproduksi untuk siswa kelas XI semester 2 SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D model, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Pengembangan LKS dengan tampilan majalah bernuansa pendidikan karakter ini divalidasi oleh 3 orang validator, yaitu 2 orang dosen dan 1 orang guru, sedangkan untuk uji praktikalitas dilakukan kepada 1 orang guru dan 23 orang siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Sarolangun. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan rumus validitas dan praktikalitas. Dari hasil analisis data pengembangan LKS yang dihasilkan diperoleh nilai validitas sebesar 90,30% dengan kategori sangat valid, baik dari kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan, sedangkan dari nilai praktikalitas diperoleh dari guru sebesar 97,40% dengan kriteria sangat praktis dan dari siswa sebesar 93,02% dengan kategori sangat praktis, baik dari aspek kemudahan penggunaan, efisiensi waktu dan manfaat. Selain itu uji efektivitas penggunaan LKS dengan tampilan majalah bernuansa pendidikan karakter oleh siswa didapatkan nilai rata- rata sebesar 87,4. Dengan demikian, pengembangan LKS dengan tampilan majalah bernuansa pendidikan karakter tentang materi sistem reproduksi untuk siswa kelas XI semester 2 SMA dinyatakan valid dan praktis. Untuk itu guru dapat menjadikan LKS dengan tampilan majalah bernuansa pendidikan karakter sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan LKS, sistem reproduksi, validitas, praktikalitas dan efektivitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:47
Last Modified: 02 Jul 2024 06:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20724

Actions (login required)

View Item View Item