PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PALEMBAYAN KABUPATEN AGAM

Silfia, Afrina Fitri and Wince, Hendri and Lisa, Deswati (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PALEMBAYAN KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
27. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Palembayan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Palembayan. Sampel diambil dengan teknik purposif sampling yaitu berdasarkan nilai rata-rata kelas yang hampir sama dijadikan kelas sampel. Selanjutnya dilakukan teknik random untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA3 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,6 dan 73 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh thitung (1,89) > ttabel (1,68), maka hipotesis diterima. Demikian juga pada penilaian afektif kelas eksperimen 82,6 dan 79,3 pada kelas kontrol serta penilaian psikomotor kelas eksperimen 85 dan 79,3 pada kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh positif yang berarti pada model problem based learning terhadap hasil belajar biologi siswa. Untuk itu disarankan pada guru biologi untuk dapat menerapkan model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Model problem based learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:26
Last Modified: 02 Jul 2024 07:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20727

Actions (login required)

View Item View Item