PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VII SMPN 28 TEBO JAMBI

Sugesti, Hartati and Erman, Har and Wince, Hendri (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VII SMPN 28 TEBO JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
28. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi pada 1) aspek Kognitif, 2) aspek Afektif, dan Psikomotor menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Problem Solving siswa kelas VII SMPN 28 Tebo Jambi tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Total Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 41 orang. Dimana kelas A eksperimen 1 (Contextual Teaching and Learning) dan kelas B eksperimen 2 (Problem Solving). Berdasarkan analisis data diperoleh 1) nilai rata-rata kelas eksperimen 2 (Problem Solving) 70,5 dan kelas eksperimen 1 (Contextual Teaching and Learning) 57,63. 2) penilaian Afektif dan Psikomotor juga terdapat perbedaan yaitu nilai rata-rata Afektif kelas eksperimen 2 (Problem Solving) 76,30 dan kelas eksperimen 1 (Contextual Teaching and Learning) 75,67 sedangkan nilai rata-rata Psikomotor kelas eksperimen 2 (Problem Solving) 71,8 dan kelas eksperimen 1 (Contextual Teaching and Learning) 60,66. 3) analisis data menggunakan SPSS.16 di dapatkan t = -2.262 dan Sig.p = 0.030 dengan dk = 37 taraf signifikan = 0,05 berarti Sig.p = 0.030 < 0,05 maka H1 diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Problem Solving. 4) dan dapat disimpulkan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih baik dari hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi ekosistem. Kata Kunci : Model pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Problem Solving, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:34
Last Modified: 02 Jul 2024 07:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20728

Actions (login required)

View Item View Item