Pengaruh Umur Perusahaan, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Akuntansi Lingkungan By Nadya Noviarti1, Ethika1, Hiswati Hasanah², Fivi Anggraini3, Novia Rahmawati4, Helmawati5

Helmawati, Helmawati (2023) Pengaruh Umur Perusahaan, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Akuntansi Lingkungan By Nadya Noviarti1, Ethika1, Hiswati Hasanah², Fivi Anggraini3, Novia Rahmawati4, Helmawati5. In: UNSPECIFIED.

[img] Text
4 th Kontra Riau Nov-2023 Pendamping_compressed.pdf

Download (558kB)
Official URL: repo.bunghatta.ac.id

Abstract

Penelitian ini menjadi penting untuk mengamati bagaimana perusahaan transportasi dan logistik mengungkapkan informasi akuntansi lingkungan, mengingat sektor ini salah satu penyumbang tertinggi polusi udara di kota besar, termasuk Jakarta yang diketahui sebagai kota dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk secara empiris menguji pengaruh umur perusahaan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap tingkat pengungkapan akuntansi lingkungan. Sampel penelitian terdiri dari 11 perusahaan dalam sektor Transportasi dan Logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019-2021, yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari www.idx.co.id, dianalisis menggunakan SPSS 29 dengan menggunakan teknik statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa umur perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan akuntansi lingkungan. Sebaliknya, ukuran perusahaan menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap pengungkapan akuntansi lingkungan. Temuan ini dapat menjadi pedoman dalam merumuskan kebijakan dan pengambilan keputusan bagi perusahaan di sektor transportasi dan logistik, dan sekaligus menjadi referensi untuk penelitian lebih lanjut serta peningkatan pemahaman di bidang ilmu pengetahuan. Kata Kunci: Pengungkapan Akuntansi Lingkungan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: wirnita Ubh
Date Deposited: 14 Jul 2024 09:38
Last Modified: 14 Jul 2024 09:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20754

Actions (login required)

View Item View Item