PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KEWAJIBAN MORAL TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN SANKSI PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Iyasma, Rohanita (2024) PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KEWAJIBAN MORAL TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN SANKSI PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB 1 IYASMA ROHANITA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN DAPUS IYASMA ROHANITA.pdf

Download (454kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI IYASMA ROHANITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan pajak, kewajiban moral terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dengan sanksi pajak sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan teknik random sampling atau secara acak kepada wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Samsat Kota Padang. Penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dan juga disebarkan menggunakan Google Form melalui media sosial WhatsApp. Rumus slovin digunakan untuk menentukan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini, dan mendapatkan 100 responden. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahun pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; kewajiban moral berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; sanksi pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor: sanksi pajak mempu memoderasi pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; akan tetapi sanksi pajak tidak mampu memoderasi kewajiban moral terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:51
Last Modified: 27 Aug 2024 01:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21043

Actions (login required)

View Item View Item