Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Akuntansi Lingkungan Pada Perusahaan Sektor Energy Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Muhammad, Ridwan and Ethika, Ethika (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Akuntansi Lingkungan Pada Perusahaan Sektor Energy Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (951kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari profitabilitas, leverage, likuiditas, dan kontribusi pembiayaan jangka panjang terhadap pengungkapan akuntansi lingkungan. Metode pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder, diantaranya adalah laporan keuangan, laporan tahunan, dan laporan keberlanjutan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor energy yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dalam periode tahun 2018 hingga tahun 2023. Data yang diperoleh untuk penelitian ini adalah 9 perusahaan sektor energy dengan total sampel sebanyak 54 sampel. Analisis data dilakukan dengan SmartPLS versi 3. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa leverage berpengaruh negatif terhadap pengungkapan akuntansi lingkungan, kontribusi pembiayaan jangka panjang berpengaruh positif terhadap pengungkapan akuntansi lingkungan. Sementara itu profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan akuntansi lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:04
Last Modified: 28 Aug 2024 08:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21107

Actions (login required)

View Item View Item