Prevalensi, Intensitas, dan Dominasi Ektoparasit Udang Vanname (Litopaneus vanname) Pada Tambak Udang Di Kabupaten Padang Pariaman

Amrona, Rosida and elfrida, elfrida (2024) Prevalensi, Intensitas, dan Dominasi Ektoparasit Udang Vanname (Litopaneus vanname) Pada Tambak Udang Di Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB1 ROSI.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB5 ROSI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
SKRIPSI_ROSI_UPLOAD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Jenis, Prevalensi, Intensitas dan Dominasi Ektoparasit pada udang Vaname (Litopenaeus vannamei) pada tambak udang di Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2024, bertempat di Kecamatan Nan Sabaris dan Kecamatan Batang Anai serta pengujian dilakukan di Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM), Padang. Metode penelitiannya adalah metode Observasi dan untuk menetapkan stasiun pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling berdasarkan letak tambak udang di Kecamatan Nan Sabaris dan Kecamatan Batang Anai yaitu tambak yang berjarak 160 m dari sempadan pantai dan dekat dengan daerah pertanian, tambak berhadapan dengan laut dan dikelilingi oleh tumbuhan kelapa. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat 2 jenis ektoparasit yang menyerang udang Vaname (Litopenaeus vannamei) yaitu Epistylis sp., dan Ichthyobodo sp. Pada stasiun I diperoleh tingkat prevalensi 20% (Infeksi sering) dan tingkat intensitas 2,5 (rendah),. Pada stasiun II diperoleh tingkat prevalensi 40% (Infeksi biasa) dan tingkat intensitasnya 2,0 (rendah). Tingkat dominasi stasiun I 60% dan stasiun II 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: BDP FPIK
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:24
Last Modified: 29 Aug 2024 01:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21124

Actions (login required)

View Item View Item