PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP INKLUSI KEUANGAN DENGAN SOCIAL CAPITAL DAN FINANCIAL TECHNOLOGY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Tri, Winanta and Fivi, Anggraini (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP INKLUSI KEUANGAN DENGAN SOCIAL CAPITAL DAN FINANCIAL TECHNOLOGY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB PENDAHULUAN TRI WINANTA 20-117.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA TRI WINANTA 20-117.pdf

Download (278kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI TRI WINANTA 20-117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh literasi keuangan terhadap inklusi keuangan dengan social capital dan financial technology sebagai variabel mediasi studi kasus pada UKM Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 150 UKM yang berada di Sumatera Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Kuesioner disebar dengan mengunjungi UKM ke tempat usahanya secara langsung dan dengan menggunakan google formulir untuk daerah yang tidak terjangkau oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis), untuk menganalisis data menggunakan program Smart-PLS 3. Hasil penelitian membuktikan bahwa literasi keuangan, social capital dan financial technology berpengaruh terhadap inklusi keuangan, literasi keuangan berpengaruh terhadap social capital dan variabel literasi keuangan yang dimediasi social capital berpengaruh terhadap inklusi keuangan. Sedangkan variabel literasi keuangan tidak berpengaruh terdahap financial technology dan literasi keuangan yang dimediasi financial technology tidak berpengaruh terhadap inklusi keuangan. Temuan ini menegaskan pentingnya literasi keuangan, social capital, dan financial technology terhadap inklusi keuangan UKM. Implikasi praktis dari penelitian ini memberikan panduan bagi para pemangku kepentingan untuk merumuskan strategi yang efektif dalam meningkatkan inklusi keuangan UKM melalui penguatan literasi keuangan, social capital, dan financial technology.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 30 Aug 2024 01:27
Last Modified: 30 Aug 2024 01:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21160

Actions (login required)

View Item View Item