PENGARUH KINERJA ENVIRONMENTAL, SOCIAL AND GOVERNANCE (ESG) TERHADAP RISIKO SISTEMATIS: PERAN MODERASI KEBERAGAMAN GENDER DEWAN

Ferli, Meidiana Cahyati and Fivi, Anggraini (2024) PENGARUH KINERJA ENVIRONMENTAL, SOCIAL AND GOVERNANCE (ESG) TERHADAP RISIKO SISTEMATIS: PERAN MODERASI KEBERAGAMAN GENDER DEWAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN Ferli.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB PENUTUP Ferli.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI Ferli Meidiana Cahyati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keberagaman gender dewan sangat penting untuk mengurangi risiko sistematis perusahaan manufaktur. Untuk mengurangi risiko ini, perusahaan manufaktur di Indonesia perlu memperhatikan dan memperkuat kinerja environmental, social and governance (ESG). Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kinerja environmental, social and governance (ESG) terhadap risiko sistematis dengan keberagaman gender dewan sebagai moderasi pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 16 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2019-2023. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS dan Gretl. Hasil empiris dari penelitian ini memberikan bukti adanya pengaruh negatif dari kinerja environmental dan governance terhadap risiko sistematis. Namun, kinerja social tidak berpengaruh negatif terhadap risiko sistematis. Kemudian penelitian ini berhasil membuktikan keberagaman gender dewan memoderasi hubungan antara kinerja environmental, kinerja social dan kinerja governance terhadap risiko sistematis. Penelitian ini dapat menjadi landasan bagi perusahaan untuk memperkuat dan meningkatkan kinerja environmental, social and governance (ESG) dan keberagaman gender dewan dengan tujuan mengurangi risiko sistematis dan memenuhi harapan para pemangku kepentingan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:06
Last Modified: 02 Sep 2024 02:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21235

Actions (login required)

View Item View Item