PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 CITACITAKU DENGAN PENDEKATAN GENRE UNTUK SISWA KELAS IV SDN 06 KAMPUNG LAPAI

Reva, Nanda Abdari and Rona, Taula Sari and Siska, Angreni (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 CITACITAKU DENGAN PENDEKATAN GENRE UNTUK SISWA KELAS IV SDN 06 KAMPUNG LAPAI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
20. REVA 1610013411134 COVER.pdf

Download (154kB)
[img] Text
20. REVA 1610013411134 ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
20. REVA 1610013411134 BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
20. REVA 1610013411134 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
20. REVA 1610013411134 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
20. REVA 1610013411134 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20. REVA 1610013411134 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
20. REVA 1610013411134 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA Tema 6 Cita-citaku untuk siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Modul pembelajaran IPA divalidasi oleh 3 orang dosen, serta diujicobakan kepada 1 orang guru dan 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku dengan pendekatan genre untuk siswa kelas IV SD memenuhi kriteria valid dengan rata-rata validitas 3,6. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan persentase ratarata kepraktisan 96,75%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan persentase rata-rata kepraktisan 91%. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku dengan pendekatan genre memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Kata kunci : Modul IPA, Pendekatan Genre, Validitas, Praktikalitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 14 Dec 2020 07:26
Last Modified: 14 Dec 2020 07:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item