PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE)(Studi Pada Perusahaan Batu Bara yang Sudah Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022)

Yola, Aprila and Meihendri, Meihendri (2024) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE)(Studi Pada Perusahaan Batu Bara yang Sudah Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap penghindaran pajak (tax avoidance). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi pada tahun 2019 yang diduga PT. Adaro Energy Tbk melakukan praktik penghindaran pajak dengan melakukan transfer pricing yang dilakukan sejak tahun 2009 hingga 2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 10perusahaan Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak (tax avoidance). Sedangkan profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak (tax avoidance) pada perusahaan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:43
Last Modified: 02 Sep 2024 02:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21267

Actions (login required)

View Item View Item