PERANCANGA PENATAAN PERMUKIMAN KUMUH TEPI SUNGAI DENGAN PENDEKATAN RIVERFRONT COLLECTIVE HOUSING DI BANTARAN SUNGAI BATANG ARAU, KOTO BARU NAN XX, KOTA PADANG.

Afdal, Nazmi and Elfida, Agus and Red, Safitra Syafril (2024) PERANCANGA PENATAAN PERMUKIMAN KUMUH TEPI SUNGAI DENGAN PENDEKATAN RIVERFRONT COLLECTIVE HOUSING DI BANTARAN SUNGAI BATANG ARAU, KOTO BARU NAN XX, KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51MB)

Abstract

Konsep perumahan kolektif dirancang untuk kelompok keluarga atau individu yang berbagi satu kompleks atau bangunan dengan fasilitas bersama sebagai fokus utamanya. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan, mengurangi biaya konstruksi dan pemeliharaan, serta mendorong interaksi sosial dan kebersamaan di antara para penghuni. Penelitian ini berfokus pada daerah-daerah yang menghadapi tantangan seperti banjir dan kekurangan infrastruktur. Dengan pendekatan perumahan kolektif, solusi yang inovatif dan berkelanjutan diharapkan dapat ditemukan. Penyediaan fasilitas umum seperti taman bermain, ruang serbaguna, dan area hijau dapat meningkatkan kualitas hidup penduduk dan menyediakan wadah untuk kegiatan sosial dan budaya. Desain bangunan ramah lingkungan dan tahan banjir sehingga keselamatan dan kesejahteraan penghuni terjamin. Tujuan dari konsep ini adalah untuk memanfaatkan lahan secara efisien, mengurangi biaya konstruksi dan pemeliharaan, serta meningkatkan interaksi sosial dan kohesi komunitas. Metodologi penelitian ini bersifat kualitatif dan melibatkan berbagai teknik pengumpulan data, seperti tinjauan pustaka, survei lapangan, dan wawancara mendalam. Studi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dengan mengidentifikasi tantangan dan kebutuhan permukiman di sepanjang sungai di Desa Koto Baru Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Indonesia. Hasil dari studi ini dapat menjadi dasar untuk perencanaan kebijakan yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Program Pascasarjana > Arsitektur
Depositing User: Arsitektur FTSP
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:52
Last Modified: 03 Sep 2024 08:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item View Item