PERAN POLRESTA PADANG DALAM UPAYA PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN PENGANGKUTAN TENTANG BBM YANG BERSUBSIDI

Irhassyah, Irhassyah and Uning Pratimaratri, Uning (2024) PERAN POLRESTA PADANG DALAM UPAYA PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN PENGANGKUTAN TENTANG BBM YANG BERSUBSIDI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ketentuan mengenai penyalahgunaan pengangkutan BBM bersubsidi diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 dan Kepolisian diatur dalam Undang-Undang 2 Tahun 2002. Terdapat 2 kasus penyalahgunaan pengangkutan BBM bersubsidi yang terjadi di Kota Padang. Rumusan masalah: (1) Apa peran Polresta Padang dalam upaya tindak pidana penyalahgunaan pengangkutan BBM bersubsidi? (2) Apa hambatan yang ditemui Polresta Padang dalam upaya tindak pidana penyalahgunaan pengangkutan BBM bersubsidi? Pendekatan penelitian ini menggunakan yuridis sosiologis. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa statistik kriminal. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumen dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara kualintatif. Penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Peran Polresta Padang dalam upaya menangani penyalahgunaan pengangkutan BBM bersubsidi dengan melakukan penangkapan dan penahan terhadap tersangka dan penyitaan barang bukti yang berjenis Pertalite dan Biosolar. Kejahatan ini ditangani oleh Unit Tipiter II. (2) Hambatan yang ditemui Polresta Padang dalam penyalahgunaan pengangkutan BBM bersubsidi adalah masalah internal terbatasnya sarana operasional dan terbatasnya dana operasional. Masalah eksternal faktor masyarakat yang tidak melaporkan, faktor jauhnya lokasi kejadian, faktor kurangnya kesadaran hukum masyarakat. itulah beberapa faktor hambatan Polresta Padang dalam menangani kasus penyalahgunaan pengangkutan BBM bersubsidi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:51
Last Modified: 05 Sep 2024 02:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22001

Actions (login required)

View Item View Item