PENGAWASAN YANG DILAKUKAN OLEH DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN, LINGKUNGAN HIDUP DAN PERHUBUNGAN DI KABUPATEN SOLOK SELATAN

Yurizatul, Fadilah and Dr. Sanidjar Pebrihariati. R., S.H., M.H, Sanidjar (2024) PENGAWASAN YANG DILAKUKAN OLEH DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN, LINGKUNGAN HIDUP DAN PERHUBUNGAN DI KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1 Skripsi Yurizatul Fadilah.pdf

Download (884kB)
[img] Text
File 2 Skripsi Yurizatul Fadilah.pdf

Download (76kB)
[img] Text
file 3 Skripsi Yurizatul Fadilah 20-043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan Pasal 44 Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 di Kabupaten Solok Selatan tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, pembuangan limbah harus memenuhi baku mutu lingkungan hidup dan mendukung pembangunan berkelanjutan di tingkat daerah. Rumusan masalah: 1.) Bagaimana pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Solok Selatan, 2.) Apa saja kendala yang dihadapi oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Solok Selatan, 3.) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Solok Selatan. Penelitian hukum sosiologis yang terdiri dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan studi dokumen, analisis data kualitatif. Hasil penelitian: 1.) Pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Solok Selatan: Pengawasan terhadap Kegiatan/Usaha, dan pengawasan terhadap pengelolaan pengaduan masyarakat. 2.) Kendala yang dihadapi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Solok Selatan: Pengawasan oleh tenaga pengawas dan pengaduan masyarakat, kurangnya Sumber Daya Manusia, banyak objek pengawasan yang diawasi, Bukti adanya kesalahan pencemaran, kurangnya keterpaduan sistem pengawasan dan perubahan kewenangan. 3.) Upaya yang telah dilakukan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Solok Selatan: Pendampingan dan pengawasan oleh petugas pengendali lingkungan, penambahan personil, memaksimalkan teknologi dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:40
Last Modified: 05 Sep 2024 02:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22130

Actions (login required)

View Item View Item