ANALISA TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS : JALAN BYPASS PADANG KM 19 – KM 24)

Adrita, Chairani and Ayu, Embun Sari (2024) ANALISA TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS : JALAN BYPASS PADANG KM 19 – KM 24). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kerusakan jalan merupakan masalah yang sering ditemui pada infrastruktur transportasi darat, yang berdampak signifikan terhadap kenyamanan, keselamatan, serta efisiensi lalu lintas. Kerusakan jalan tidak hanya mengurangi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan, tetapi juga meningkatkan biaya perawatan dan memperpendek umur layanan jalan. Ruas Jalan Bypass Padang merupakan salah satu jalan utama di Kota Padang yang memiliki peran vital dalam mendukung mobilitas masyarakat dan distribusi barang. Jalan ini sering dilalui oleh kendaraan bermuatan berat, yang memberikan tekanan signifikan pada struktur jalan. Akibatnya, berbagai jenis kerusakan seperti retak, lubang, dan deformasi permukaan sering ditemui pada jalan ini. Oleh karena itu, penting untuk melakukan evaluasi berkala terhadap kondisi jalan guna menentukan strategi pemeliharaan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kerusakan pada ruas Jalan Bypass Padang, khususnya pada segmen KM 19 hingga KM 24, menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Metode PCI merupakan metode standar yang digunakan untuk menilai kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi. Metode ini mengklasifikasikan kondisi perkerasan dengan memberikan nilai indeks yang berkisar antara 0 (sangat buruk) hingga 100 (sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi perkerasan jalan yang diteliti bervariasi dari kondisi sempurna hingga sedang, dengan beberapa segmen yang memerlukan perbaikan segera. Nilai PCI yang diperoleh menunjukkan bahwa kondisi jalan termasuk dalam kategori sangat baik dan hanya perlu dilakukan pemeliharaan rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:00
Last Modified: 05 Sep 2024 07:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22136

Actions (login required)

View Item View Item