PERANCANGAN PLATFORM PEMBUATAN KONTEN EDUKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY DI SMK NEGERI 5 PADANG

Tirta Agung, Bayu and Ashabul, Khairi (2024) PERANCANGAN PLATFORM PEMBUATAN KONTEN EDUKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY DI SMK NEGERI 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img]
Preview
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah membuka peluang baru dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran interaktif. AR memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan konsep-konsep yang sulit dengan cara yang lebih nyata dan mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah platform yang memfasilitasi pembuatan konten edukasi berbasis AR yang dapat digunakan oleh guru dan siswa di SMK Negeri 5 Padang. Pengumpulan data untuk perancangan platform ini bersumber dari pengalaman penulis selama masa Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) di SMK Negeri 5 Padang dan wawancara dengan guru TKJ di sekolah tersebut. Dari data yang diperoleh, ditemukan bahwa guru menghadapi kesulitan dalam mengimplementasikan AR dalam pembelajaran karena keterbatasan akses, kemudahan penggunaan teknologi, hingga dana yang tidak sedikit perlu dikeluarkan untuk berlangganan atau menyewa jasa. Platform yang dirancang menggunakan framework CodeIgniter dan bahasa pemrograman PHP untuk pengolahan data, serta memanfaatkan library JavaScript AR.js dan A-Frame untuk mendukung fitur AR. Platform ini dirancang agar mudah diakses oleh pengguna melalui perangkat komputer dan smartphone yang mendukung teknologi WebGL dan WebRTC. Platform ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam mengatasi keterbatasan metode pembelajaran konvensional serta meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran. Dengan menyediakan berbagai fitur yang mendukung pembuatan konten edukasi berbasis Augmented Reality (AR), platform ini memungkinkan guru untuk merancang materi pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan kurikulum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:38
Last Modified: 06 Sep 2024 02:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22341

Actions (login required)

View Item View Item