PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN APLIKASI CANVA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA SMP KELAS VIII

Fenty Lunita Oktaviani, Fenty and Susi Herawati, Susi and Rita Desfitri, Rita (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN APLIKASI CANVA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA SMP KELAS VIII. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa bahan ajar yang disediakan di sekolah yang kurang bervariasi membuat siswa kesulitan dalam memahami penjelasan yang disampaikan kurang dimengerti, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi statistika yang diberikan baik secara konsep maupun perhitungan. Hal ini menyebabkan kurangnya pengetahuan siswa dalam memahami pola soal yang diberikan saat latihan, ulangan harian maupun ujian sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis problem based learning agar siswa dapat terlatih menghadapi masalah atau soal dengan cara pemecahannya secara problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran matematika dengan aplikasi canva berbasis problem based learning pada materi statistika yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research & Develoment dengan model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yakni Analysis (analisis), Design (perancangan), Develoment (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Berdasarkan hasil analisis uji validitas dan uji praktikalitas yang telah dilaksanakan, diperoleh nilai validitas ahli materi sebesar 100% dengan kriteria sangat valid, nilai validitas ahli media sebesar 80% dengan kriteria valid, nilai praktikalitas guru sebesar 89% dengan kriteria praktis, dan nilai praktikalitas peserta didik sebesar 82,3% dengan kriteria praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis model problem based learning pada materi statistika sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 05:16
Last Modified: 06 Sep 2024 05:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22393

Actions (login required)

View Item View Item