PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Melanie, Rosman and Yulfia, Nora (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB PENDAHULUAN SKRIPSI MELANIE ROSMAN.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN MELANIE ROSMAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI MELANIE ROSMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR Melanie Rosman1 , Yulfia Nora1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: rosmannmelanie@gmail.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Quizizz pada mata pelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Branch pengembangan dengan pendekatan ini terdiri dari 4 tahapan yang dimodifikasi, yaitu analysis, design, development, and implementation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 06 PulutPulut yang berjumlah 11 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi materi, desain dan media, bahasa dan lembar praktikalitas guru dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuisioner atau angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata presentase dari validasi aspek materi diperoleh sebesar 96,6% dengan kriteria sangat valid, aspek desain dan media diperoleh sebesar 92,18% dengan kriteria sangat valid dan aspek bahasa diperoleh sebesar 97,22% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan rata-rata dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh 94,27% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh 97,93% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian maka dengan itu dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif berbasis Game Quizizz yang dapat dikembangkan sebagai salah satu media belajar pada mata Pelajaran IPAS kelas IV SD. Kata Kunci: IPAS, Media Interaktif, Game Quizizz

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:43
Last Modified: 06 Sep 2024 03:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22479

Actions (login required)

View Item View Item