“PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMPN 1 ENAM LINGKUNG”

wilda, yanda yani and Susi, Herawati (2024) “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMPN 1 ENAM LINGKUNG”. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI, DAN BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
fulltext Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbekangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa sering kali disebabkan oleh kurangnya kesempatan bagi siswa untuk membangun pemahaman secara mandiri, terutama ketika guru menggunakan metode ceramah yang menyebabkan siswa menjadi pasif. Berdasarkan observasi di SMPN 1 Enam Lingkung, proses pembelajaran yang hanya berfokus pada penggunaan buku paket kurang mendorong siswa untuk menemukan konsep secara mandiri Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Augmented Reality yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang, khususnya pada sub bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap utama: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Model ini digunakan untuk memastikan bahwa media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dikembangkan memenuhi standar validitas dan praktikalitas. Berdasarkan hasil validasi dan uji praktikalitas yang telah dilakukan, maka diperoleh nilai hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan kategori "Valid" dengan skor 88%, sementara validasi oleh ahli media menunjukkan kategori "Valid" dengan skor 80%. Dari segi praktikalitas, guru memberikan skor 93,3%yang dikategorikan sebagai "Sangat Praktis", sedangkan siswa memberikan skor 90,9%yang dikategorikan sebagai "Sangat Praktis". Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality ini berhasil menciptakan media pembelajaran yang valid dan praktis. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk melakukan uji efektivitas media Augmented Reality dalam skala lebih besar, guna memastikan dampak positifnya terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:27
Last Modified: 06 Sep 2024 07:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22524

Actions (login required)

View Item View Item