Septria, Fajri Ananda and Risa, Yulisna (2024) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Model Example Non-Example Bagi Siswa Kelas IV SDN 01 Sialang Kabuapten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
(i) SEPTRIA FAJRI ANANDA.pdf Download (1MB) |
|
Text
(ii) SEPTRIA FAJRI ANANDA.pdf Download (306kB) |
|
Text
(iii) SEPTRIA FAJRI ANANDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan narassi siswa kelas IV SDN 01 Sialang Kabupaten Limah Puluh Kota, yang disebabkan pada saat pembelajaran guru masih sulit menentukan model pembelajaran yang cocok digunakan sehingga ketercapaian anak dalam menulis karangan narasi masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa melalui model Example Non-Example dan mendeskripsikan sejauh mana hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi melalui model Example Non-Example bagi siswa kelas IV SDN 01 Sialang Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN 01 Sialang Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Persentase lembar aktivitas guru pada siklus I 70%, dan siklus II 80%. Jadi, persentase lembar observasi aktivitas guru mengalami kenaikan sebesar 10% karena telah melakukan evaluasi antara peneliti dengan guru kelas selaku observer. Persentase lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I 69%, dan pada siklus II 82%. Jadi, persentase lembar observasi aktivitas siswa mengalami kenaikan sebesar 13%, hal tersebut terjadi karena pada tahap refleksi peneliti telah melakukan evaluasi pada pelaksanaan penelitian. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I 59%, dengan rata-rata hasil belajar 65,65. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 81% dengan rata-rata hasil belajar 80,25. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan model Example Non-Example dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 01 Sialang Kabupaten Lima Puluh Kota. Kata kunci : keterampilan menulis karangan narasi, model Example Non-Example, bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 07:47 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 07:47 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22527 |
Actions (login required)
View Item |