TRANSFORMASI PEMBELAJARAN PRAKTEK MIKROTIK MELALUI E-JOBSHEET BERBASIS PROYEK UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN

Habibullah, Hafizd and Karmila, Suryani (2024) TRANSFORMASI PEMBELAJARAN PRAKTEK MIKROTIK MELALUI E-JOBSHEET BERBASIS PROYEK UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk memberdayakan potensi siswa dengan membuat lingkungan belajar yang sesuai dengan sifat mereka. Perkembangan pendidikan mengikuti kemajuan teknologi dan kebudayaan, yang pada akhirnya mendukung kemajuan bangsa. Teknologi informasi memungkinkan akses ke bahan ajar elektronik, seperti E-Jobsheet, yang merupakan bahan ajar berisi panduan pembelajaran praktik yang disertai dengan teori pendukung. Berdasarkan permasalahan bahwa pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan tidak memiliki panduan pembelajaran mikrotik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan transformasi pembelajaran praktek mikrotik melalui e-jobsheet berbasis proyek untuk mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan yang valid dan praktis. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 5 Padang. Metode penelitian adalah Research and Development (R&D). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan lembar validalitas media dan materi serta angket praktikalitas. Hasil penelitian yang berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa e-jobsheet berbasis proyek memiliki nilai validasi ahli media sebesar 86,67% dengan keterangan valid, nilai validasi ahli materi sebesar 96,67% dengan keterangan sangat valid, dan nilai uji praktikalitas siswa sebesar 89,14% dengan keterangan sangat praktis. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan e-jobsheet berbasis proyek termasuk valid dari segi materi dan media, serta praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:03
Last Modified: 06 Sep 2024 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22532

Actions (login required)

View Item View Item