Redesain Insan Cendekia Boarding School di Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat

Badriyah, Izzati and Nengah, Tela and Duddy, Fajriansyah (2024) Redesain Insan Cendekia Boarding School di Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN, PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang berfokus pada ajaran agama Islam. Selain mengajarkan berbagai aspek keagamaan, pesantren juga memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk akhlak para santri, Salah satu penerapan sistem segregasi gender dalam proses pendidikan Pondok Pesantren adalah pemisahan antara santri putra dan putri yang dipisah dalam kegiatan belajar sehari-hari, baik di dalam kelas maupun di tempat lain, begitu juga dalam tempat tinggal mereka. Selain jarak, penetapan kebijakan pemisahan dalam manajemen pendidikan adalah adanya istilah hijab dalam al-Qur'an, hal ini disebutkan dalam al-Qur'an surat (al-Ahzab ayat 53) yang artinya jika laki-laki ingin bertanya kepada perempuan, maka harus di balik hijab. Hijab ini diartikan sebagai tirai, pembatas atau penghalang, yang fungsinya untuk memisahkan antara laki-laki dan perempuan agar tidak berkomunikasi dan bertemu secara langsung, metode yang digunakan dalam mendesain adalah dengan memperhatikan aktivitas pengguna bangunan, Tujuan dari perancangan ini adalah mengembangkan tatanan bangunan dan yang dapat mewadahi para pengguna bangunan dan dapat mengantisipasi kegiatan bullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Arsitektur
Depositing User: Arsitektur FTSP
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:16
Last Modified: 06 Sep 2024 09:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22547

Actions (login required)

View Item View Item