PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KOTA PADANG PANJANG

Yori, Mardatila and Gusmaweti, Gusmaweti (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran kontekstual di kelas IV SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang yang berjumlah 19 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran guru pada siklus I dengan rata-rata 66 dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 88,5 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 66. Pada indikator aktivitas memperhatikan 100%, indikator Bertanya 55,2%, dan indikator menjawab 44,7%, sementara rata-rata aktivitas siswa pada siklus II adalah 87,5. Pada indikator aktivitas memperhatikan 100%, indikator Bertanya 86,8%, dan indikator menjawab 78,9%. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 71 dengan ketuntasan 57,8% sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 80 dengan ketuntasan 89,4%. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang pada pembelajaran IPA. Dan disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam proses pembelajaran pada materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:11
Last Modified: 06 Sep 2024 09:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22559

Actions (login required)

View Item View Item