Ella, Amalia and Rini, Widyastuti (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based learning (PBL) Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
COVER, ABSTAK, BAB 1 PENDAHULUAN ELLA.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA ELLA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
FULLTEXT SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning (PBL) mata pelajaran informatika Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE mempunyai 5 langkah yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materi, serta angket praktikalitas yaitu angket yang diberikan ke peserta didik. Analisis validitas media pembelajaran interaktif di validasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi, sedangkan analisis praktikalitas media pembelajaran interaktif diuji cobakan pada 15 peserta didik. Reliabilitas diukur dengan menggunakan statistik Cronbach Alpha dengan hasil 0,89797. Hasil penelitian yang diperoleh dengan rata-rata 89% oleh ahli media dengan kriteria “Valid” dan ahli materi dengan rata-rata 89% dengan kriteria “Valid”, serta rata- rata 91% praktikalitas peserta didik dengan kriteria “Sangat praktis”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | PTIK FKIP |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 01:14 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 01:14 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22566 |
Actions (login required)
View Item |