PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI SDN 62 /III MUKAI MUDIK KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI

Al-Isra, Risya and M. Tamrin, M. Tamrin (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI SDN 62 /III MUKAI MUDIK KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (729kB)
[img] Text
iii. FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata Pelajaran PPKn di SDN 62/III Mukai Mudik. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar PPKn dengan menggunkan model Role Playing di kelas IV SDN 62/III Mukai Mudik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 62/III Mukai Mudik yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar aspek kognitif (C1) pada siklus I sebesar 56,67% dengan rata-rata 72,00 dan meningkat pada siklus II sebesar 93,33% dengan rata-rata 86,00. Kemudian aspek kognitif C2 pada siklus I sebesar 40,43% dengan rata-rata 65,00 dan meningkat pada siklus II sebesar 93,33% dengan rata-rata 88,93. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Role Playing terjadi peningkatan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV dengan Menggunakan Model Role Playing di SDN 62/III Mukai Mudik, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:31
Last Modified: 09 Sep 2024 02:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22595

Actions (login required)

View Item View Item