Idham, Khalil and AKMAL, AKMAL and Listiana, Sri Mulatsih (2024) PENGARUH PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI: PERAN KETERLIBATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Perusahaan Sawit di Kabupaten Pasaman Barat). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
I.pdf Download (676kB) |
|
Text
II.pdf Download (287kB) |
|
Text
Idham Khalil.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pemberdayaan psikologis berpengaruh terhadap komitmen organisasi pada karyawan perusahaan sawit di Kabupaten Pasaman Barat. Sampel adalah seluruh staff kantor pada perusahaan sawit di Kabupaten Pasaman Barat dengan jumlah 327 orang karena pada penelitian teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus. Metode yang digunakan dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, Analisis ini bermaksud untuk menggambarkan karakteristik masing-masing variabel penelitian. Dengan cara menyajikan data kedalam tabel distribusi frekuensi dan menghitung tingkat capaian responden (TCR). Dapat dijelaskan pengaruh pemberdayaan psikologis terhadap komitmen organisasi memiliki nilai original sample 0,248, T-statistics 5,223 (besar dari 1,96) dan P-Value 0,000 (kecil dari 0,05). Hasil ini dapat diartikan bahwa pemberdayaan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, Pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap komitmen organisasi memiliki nilai original sample 0,398, T-statistics 7,564 (besar dari 1,96) dan P-value 0,000 (kecil dari 0,05), sehingga dapat diartikan bahwa kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, Pengaruh orientasi pembelajaran terhadap komitmen organisasi memiliki nilai original sample 0,274, T-statistics 5,574 (besar dari 1,96) dan P-value 0,000 (kecil dari 0,05), sehingga dapat diartikan bahwa orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi,Pengaruh pemberdayaan psikologis terhadap keterlibatan kerja memiliki nilai original sample 0,292, T-statistics 3,980 (besar dari 1,96) dan P-Value 0,000 (kecil dari 0,05). Hasil ini dapat diartikan bahwa pemberdayaan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan kerja, Pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap keterlibatan kerja memiliki nilai original sample 0,216, T-statistics 2,862 (besar dari 1,96) dan P-value 0,004 (kecil dari 0,05), sehingga dapat diartikan bahwa kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan kerja, Pengaruh orientasi pembelajaran terhadap keterlibatan kerja memiliki nilai original sample 0,062, T-statistics 0,901 (kecil dari 1,96) dan P-value 0,368 (besar dari 0,05), sehingga dapat diartikan bahwa orientasi pembelajaran tidak berpengaruh terhadap keterlibatan kerja dengan demikian, hipotesis 6 (H 6 ) ditolak. Pengaruh keterlibatan kerja terhadap komitmen organisasi memiliki nilai original sample 0,082, T-statistics 2,680 (besar dari 1,96) dan P-value 0,008 (kecil dari 0,05), sehingga dapat diartikan bahwa keterlibatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, keterlibatan kerja sebagai mediasi antara pemberdayaan psikologis dan komitmen organisasi memiliki nilai original sample 0,024, T-statistics 2,143 (besar dari 1,96) dan P-value 0,033 (kecil dari 0,05), sehingga dapat diartikan bahwa keterlibatan kerja memediasi hubungan antara pemberdayaan psikologis dan komitmen organisasi, Pengaruh keterlibatan kerja sebagai mediasi antara kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasi memiliki nilai original sample 0,018, T-statistics 2,166 (besar dari 1,96) dan P-value 0,031 (kecil dari 0,05), sehingga dapat diartikan bahwa keterlibatan kerja memediasi hubungan antara kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasi,Pengaruh keterlibatan kerja sebagai mediasi antara orientasi pembelajaran dan komitmen organisasi memiliki nilai original sample 0,005, T-statistics 0,761 (kecil dari 1,96) dan P-value 0,447 (besar dari 0,05), sehingga dapat diartikan bahwa keterlibatan kerja tidak memediasi hubungan antara orientasi pembelajaran hipotesis 10 (H 10 ) ditolak. Kata Kunci PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA, ORIENTASI PEMBELAJARAN dan KOMITMEN ORGANISASI
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen |
Depositing User: | Manajemen Magister |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 02:33 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 02:33 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22786 |
Actions (login required)
View Item |