PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN REGULASI PEMERINTAH TERHADAP PENGUNGKAPAN INFORMASI AKUNTANSI LINGKUNGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2022

yudia krisnahadi, siagian and Ethika, Ethika (2024) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN REGULASI PEMERINTAH TERHADAP PENGUNGKAPAN INFORMASI AKUNTANSI LINGKUNGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2022. Diploma thesis, universitas bung hatta.

[img] Text
Revisi_skripsi_yudi123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh good corporate governance dan regulasi pemerintah terhadap pengungkapan informasi akuntansi lingkungan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2018-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pada penelitian ini digunakan sebanyak 13 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linear berganda yang diolah dengan SPSS 25. Berdasarkan hasil hipotesis ditemukan bahwa keberagaman dewan direksi dan regulasi pemerintah berpengaruh terhadap pengungkapan informasi akuntansi lingkungan. Sedangkan kepemilikan institusional, kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap pengungkapan informasi akuntansi lingkungan. Pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022 tidak memiliki dewan komite lingkungan. Kata Kunci: Good Corporate Governance, Keberagaman Dewan Direksi, Dewan Komite Lingkungan, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing, Regulasi Pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:56
Last Modified: 11 Sep 2024 08:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22895

Actions (login required)

View Item View Item