PRA RANCANGAN PABRIK NATRIUM HIDROKSIDA DARI NATRIUM KLORIDA DENGAN PROSES ELEKTROLISIS SEL MEMBRAN DENGAN KAPASITAS 88.000 TON/TAHUN

Amro, Yulianti and Firdaus, S.T., M.T, Firdaus, S.T., M.T (2024) PRA RANCANGAN PABRIK NATRIUM HIDROKSIDA DARI NATRIUM KLORIDA DENGAN PROSES ELEKTROLISIS SEL MEMBRAN DENGAN KAPASITAS 88.000 TON/TAHUN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI AMRO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB XI PENUTUP.pdf

Download (9kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Natrium hidroksida (NaOH) sering disebut juga sebagai soda kaustik karena memiliki sifat yang korosif terhadap kulit. Natrium hidroksida murni memiliki bentuk berupa padatan putih rapuh dan bersifat mudah menyerap air dan karbon dioksida yang berada di udara. Natrium hidroksida merupakan bahan kimia dasar yang sering dimanfaatkan dalam beberapa industri, seperti industri pembuatan sabun dan deterjen, industri pembuatan fiber dan plastik, industri pembuatan kaca, industri petrokimia, industri bubuk kertas dan kertas, industri pupuk, industri bahan peledak, industri pelarut, dan industri lainnya. Selain dalam bentuk padatan, natrium hidroksida juga dikomersilkan dalam bentuk cair (liquid). Di Indonesia, natrium hidroksida sudah diproduksi sejak lama dan hingga saat ini tidak kurang dari 14 perusahaan telah memproduksi natrium hidroksida. Umumnya pabrik natrium hidroksida di Indonesia memproduksi dalam bentuk cair dan pabrik yang memproduksi natrium hidroksida dalam bentuk padatan masih sangat sedikit adanya. Pabrik natrium hidroksida di Indonesia yang sudah memproduksi dalam bentuk padatan adalah PT. Asahimas Chemical dengan kapasitas produksi 700.000 ton/tahun yang berada di Cilegon dan PT. Sulfindo Adiusaha dengan kapasitas 215.000 ton/tahun yang terdapat di Serang. Sejauh ini kebutuhan natrium hidroksida padat masih belum terpenuhi dengan adanya 2 pabrik tersebut, dan juga Indonesia masih mengimport natrium hidroksida padat dari berbagai negara antara lain adalah Brunai, China, Canada, HongKong, Jepang, Korea Selatan, German, Vietnam dan lain-lain. Dari data Badan Pusat Statistik, tercatat bahwa nilai impor natrium hidroksida padat sebesar 139.546.310 kg pertahun 2021. Dengan demikian, maka pembangunan pabrik Natrium Hidroksida padat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan natrium hidroksida di dalam negeri dan mengurangi kegiatan impor dari luar negeri. Selain itu juga dapat menambah lapangan pekerjaan sehingga mengurangi tingkat pengangguran dan hasil dari pabrik natrium hidroksida ini dapat di ekspor yang bisa menambah devisa negara, sehingga pabrik natrium hidroksida padat ini perlu didirikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Kimia
Depositing User: Teknik Kimia FTI
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:35
Last Modified: 12 Sep 2024 03:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22927

Actions (login required)

View Item View Item