PENGARUH KONSENTRASI AIR LIMBAH BUDIDAYA LELE (Clarias batrrachus) YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN KEPADATAN POPULASI Daphnia sp

Ahmelda, Fatinah and Lisa, Deswati (2024) PENGARUH KONSENTRASI AIR LIMBAH BUDIDAYA LELE (Clarias batrrachus) YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN KEPADATAN POPULASI Daphnia sp. Diploma thesis, universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-BAB I (Ahmelda Fatinah).docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-Daftar Pustaka (Ahmelda Fatinah).docx

Download (35kB)
[img] Text
SKRIPSI Full teks (Ahmelda Fatinah).docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Daphnia bersifat nonselektif filter feeder yaitu memakan apa saja yang sesuai dengan bukaan mulutnya. Bahan organik tersuspensi, plankton dan bakteri dapat menjadi sumber nutrisi bagi zooplankton ini. Kandungan bahan organik tinggi dalam air buangan budidaya ikan lele berpotensi dimanfaatkan sebagai media dan sumber nutrien pada budidaya Daphnia sp. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2023 di Laboratorium Terpadu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dan menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap) 3 perlakuan dan 3 ulangan : Perlakuan A pemberian 100% Air Bersih, Perlakuan B pemberian 50% Air Bersih+50% Air Limbah, Perlakuan C pemberian 100% Air Limbah. Nilai rata-rata kepadatan individu Daphnia sp. selama penelitian menunjukan bahwa data yang tertinggi pada perlakuan D (25% Air Bersih+75% Air Limbah) yaitu sebesar 683 ind/L dan yang terendah pada perlakuan A (100% Air Bersih) yaitu sebesar 490 ind/L. Hasil uji anova menunjukkan bahwa pemanfantaan air limbah ikan lele dengan kosentrasi yang berbeda berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan Daphnia sp. (P<0,05), (F hit 8,86 > F tab 0,03 pada taraf kepercayaan 95%) dalam penelitian ini hipotesis yang dapat diterima adalah hipotesis tandingan Hi. Kualitas air kisaran suhu 27-38 °C, DO 3-6 ppm, pH 8-9 dan amoniak 0,06-0,38.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: BDP FPIK
Date Deposited: 13 Sep 2024 01:12
Last Modified: 13 Sep 2024 01:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22966

Actions (login required)

View Item View Item