PENGARUH PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN, PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Pertambangan Dan Energi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 – 2022)

Alfi Rahmat, Kurniawan and Meihendri, Meihendri (2024) PENGARUH PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN, PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Pertambangan Dan Energi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 – 2022). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover - Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. kesimpulan Dan Dapus.pdf

Download (428kB)
[img] Text
iii. Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan aspek yang penting untuk mendorong terjaganya kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang. Hampir semua perusahan di Bursa Efek Indonesia berusha meningkatkan reputasi dan nilainya, namun dalam beberapa tahun terakhir sejumlah perusahaan di sektor pertambangan dan energi mengalami penurunan harga saham. Fenomena tersebut menunjukan terjadinya penurunan nilai perusahaan. Jika kondisi tersebut dibiarkan tentu akan mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam menjaga eksistensinya. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh pengungkapan lingkungan, profitabilitas dan kepemilikan publik terhadap nilai perusahaan. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah Perusahaan pertambangan dan energi di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dari tahun 2018 sampai dengan 2022. Teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah dengan menggunakan regresi linear berganda (OLS) dan pengujian t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah di lakukan ditemukan implementasi pengungkapan lingkungan yang di ukur dengan persentase pengungkapan corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Hasil pengujian hipotesis kedua ditemukan Profitabilitas yang diamati dari persentase return on assets tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia, sedangkan pada tahapan pengujian hipotesis ketiga ditemukan Kepemilikan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Kata Kunci: Pengungkapan Lingkungan, Profitabilitas, Kepemilikan Publik dan Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 13 Sep 2024 04:38
Last Modified: 13 Sep 2024 04:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22988

Actions (login required)

View Item View Item