Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang

Annisa, Rahmi and NINIWATI, NINIWATI and Fauziah, Fauziah (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
35.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang dibawah KKM, kurangnya rasa percaya diri dan siswa cenderung untuk memilih-milih teman saat berdiskusi. Alternatif usaha yang dapat dilakukan yaitu menerapkan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange. Tujuan penelitian adalah menganalisa hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange lebih baik dari hasil belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 7 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Padang tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan analisis data hasil belajar kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi homogen, maka untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan diperoleh = 2,00058 dan = 1,67 pada tingkat kepercayaan 95%, sehingga > . Dengan demikian hipotesis H diterima, artinya hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange lebih baik dari hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran biasa. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Rotating Trio Exchange, hasil belajar, pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:07
Last Modified: 23 Oct 2024 02:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23210

Actions (login required)

View Item View Item