Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Every One Is A Teacher Here pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 15 Padang

Meilanda, Eka Putri and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Every One Is A Teacher Here pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 15 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
40.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 15 Padang salah satunya disebabkan oleh kurangnya aktivitas yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Every One Is A Teacher Here. Dengan diterapkannya strategi ini diharapkan siswa dapat merespon materi pembelajaran dengan baik, seperti mendengarkan penjelasan dari teman atau guru, memberikan pendapat, bertanya serta menjawab pertanyaan yang ada pada kartu indeks. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakahaktivitasbelajarsiswakelas VII SMPN 15 Padang yang menerapkanStrategiPembelajaranAktifTipeEvery One Is A Teacher Heredan apakahhasilbelajarmatematikasiswayangmenerapkanStrategiPembelajaranAktifTi peETH lebihbaikdarihasilbelajarsiswayangmenerapkanpembelajaranbiasapadasiswakelas VII SMPN 15 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikanaktivitasbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkanstrategipembelajaranaktiftipeEvery One Is A Teacher Heredi kelas VII SMPN 15 Padangdan hasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkanstrategipembelajaranaktiftipeEvery One Is A Teacher Herelebihbaikdarihasilbelajarsiswa yang pembelajarannyamenerapkanpembelajaranbiasapadasiswakelas VII SMPN 15 Padang.Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimanakah aktivitas belajar siswa kelas VII SMPN15 Padang yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Every One Is A Teacher Here?”.Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran aktiftipe ETH lebih baik dari hasil belajar siswa yang ii pembelajarannya menerapkan pembelajaranbiasa pada siswa kelas VIISMPN 15 Padang. Sesuai dengan yang dikemukakan di atas, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII SMPN 15 Padang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas, dimana terdapat 1 kelas unggul. Sampel dipilih dari populasi yang mempunyai variansi yang homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dan terpilih kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol. Jumlah siswa pada masing-masing kelas eksperimen dan kontrol adalah 36 siswa. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari empat indikator aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas yang dilakukan siswa mengalami perkembangan pada setiap pertemuan. Sedangkan, data hasil tes akhir siswa pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji- . Berdasarkan analisis data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh = 3,8982 sedangkan ( , ; ) = 1,6683 karena > ( , ; ) maka hipotesis ditolak, berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis dimana hasilbelajar matematika siswa yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Every One Is A Teacher Here lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 15 Padang tahun pelajaran 2015/2016. Peneliti menyarankan agar guru atau pembaca dapat menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Every One Is A Teacher Here ini sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:02
Last Modified: 23 Oct 2024 03:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23215

Actions (login required)

View Item View Item