Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 31 Padang

Yulya, Melda Sari and Lutfian, Almash and Susi, Herawati (2016) Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 31 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
42.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika salah satunya disebabkan oleh kurangnya motivasi, kreatifitas dan keaktifan siswa kelas VII SMPN 31 Padang. Hal ini dapat dilihat pada saat guru menjelaskan materi pelajaran dan meminta siswa bertanya jika ada siswa yang tidak mengerti, mereka tidak mau bertanya karena malas dan malu bertanya kepada guru. Pada pembelajaran berlangsungpun ada beberapa siswa yang tidak mengerjakan latihan yang diberikan guru. Pada saat guru memberikan soal dan meminta siswa mengerjakan di papan tulis, hanya siswa yang sama saja yang mau mengerjakan ke depan kelas, dan jika guru memberikan soal yang sedikit berbeda dari contoh yang diberikan, siswa kesulitan mengerjakan soal tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TAI ini, diharapkan siswa dapat merespon materi pembelajaran dengan baik seperti bertanya, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, dan siswa dapat berdiskusi dalam kelompok untuk saling berbagi pengetahuan membahas masalah terkait LKS yang diberikan serta dapat mengukur kemampuan individu siswa dengan diadakannya kuis di setiap Awal pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan aktivitas belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dari hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa di kelas VII SMPN 31 Padang. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perkembangan aktivitas siswa di kelas VII SMPN 31 Padang selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization di kelas VII SMPN 31 Padang. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih tinggi dari hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran biasa di kelas VII SMPN 31 Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:35
Last Modified: 23 Oct 2024 03:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23217

Actions (login required)

View Item View Item